Iran dan Turkiye Tingkatkan Kerjasama Pariwisata

Teheran, MINA – Iran dan Turkiye sepakat meningkatkan kerja sama pariwisata setelah pertemuan antara pejabat kedua negara.

Direktur Jenderal Warisan Budaya, Pariwisata dan Kerajinan Provinsi Teheran, Parham Janfshan, mengumumkan diadakannya pertemuan untuk mengembangkan hubungan pariwisata dengan Provinsi Batman di Turkiye. MEMO melaporkan, Ahad (26/6).

Pertemuan yang diadakan di Teheran dihadiri pejabat pemerintah dan sektor swasta Provinsi Batman, yang bertujuan meningkatkan potensi pariwisata dan kerajinan kedua pihak.

“Kemampuan Provinsi Teheran dalam mengekspor kerajinan, khususnya di sektor kaca, serta atraksi budaya, sejarah dan alam, adalah menarik bagi wisatawan dari Provinsi Batman,” ujar Janfshan.

Sementara itu  Hormatullah Rafiei, Presiden Asosiasi Kantor Layanan Perjalanan Iran, mengatakan,Batman adalah salah satu provinsi terbesar di Turkiye dengan banyak wisata sejarah dan alam.

“Menentukan destinasi wisata baru di jalur Teheran-Isfahan-Shiraz yang berpusat di Teheran, menjadi salah satu tujuan pertemuan wisatawan dari Provinsi Batman,” lanjutnya.

Perkembangan kerjasama pariwisata ini adalah sebagai tindak lanjut pengumuman sebelumnya pada bulan Mei oleh Menteri Warisan Budaya, Pariwisata, dan Kerajinan Iran Ezatollah Zarghami yang menyerukan upaya lebih lanjut dalam memperkuat kerja sama dengan Turkiye dalam pertemuan dengan Ali Yildirim, presiden komunitas Alevi Turkiye. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)