IRAN DESAK PBB HENTIKAN KEKEJAMAN ISRAEL

Wakil Duta Besar Iran untuk PBB, Gholam Hossein Dehqani. (Foto: Press TV)
Wakil Duta Besar Iran untuk PBB, Gholam Hossein Dehqani. (Foto: Press TV)

New York, 30 Muharram 1437/12 November 2015 (MINA) – Wakil Duta Besar Iran Gholam Hossein Dehqani menyeru PBB mengambil tindakan untuk menghentikan kekejaman Israel terhadap rakyat Palestina.

Di hadapan pertemuan Komite Dekolonisasi dan Politik Khusus PBB, Dehqani mengecam “pelanggaran HAM sistematis terhadap rakyat Palestina” oleh Israel, termasuk pembongkaran rumah mereka, pemindahan paksa penduduk serta penahanan perempuan dan anak-anak.

Dehqani menyebut permukiman di tanah Palestina yang diduduki sebagai “ekspansi Tel Aviv”, Press TV melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Lebih setengah juta warga Israel tinggal di lebih 120 pemukiman ilegal yang dibangun sejak pendudukan Israel di wilayah Tepi Barat dan Al-Quds (Yerusalem Timur), Palestina, pada 1967.

Sebagian besar masyarakat internasional menganggap permukiman itu sebagai ilegal karena tanah yang diambil oleh Israel pada 1967 jatuh di bawah Konvensi Jenewa, yang melarang pembangunan di wilayah-wilayah pendudukan.

“Ini adalah waktunya untuk mengakhiri kekejaman Israel yang menjijikkan dan pendudukan yang telah membawa begitu banyak penderitaan bagi rakyat Palestina, dan merupakan faktor yang paling stabil di tingkat regional dan global,” kata Dehqani. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0