Iran – India Bahas Hubungan Bilateral dan Keamanan Regional

Teheran, MINA – Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari India Rajnath Singh di ibu kota Teheran tentang kerja sama bilateral dan perkembangan regional.

Singh tiba di Teheran pada Sabtu (5/9) untuk persinggahan tak terjadwal dalam perjalanan kembali dari Moskow setelah kunjungan tiga hari di mana ia menghadiri pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), MEMO melaporkan.

Pemerintah Iran mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Ahad (6/9) bahwa pembicaraan antara kedua belah pihak mencakup masalah bilateral, regional dan internasional.

Kementerian Pertahanan India, sementara itu, mengatakan pembicaraan tersebut membahas “cara untuk memajukan kerja sama bilateral dan bertukar pandangan tentang masalah keamanan regional, termasuk perdamaian dan stabilitas di Afghanistan.”

Kunjungan Singh adalah yang pertama oleh seorang pejabat tinggi pemerintah India ke Iran sejak pembunuhan komandan militer Iran Jenderal Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak AS Januari ini, yang menyebabkan ketegangan di wilayah tersebut.

Dalam pidatonya di KTT SCO, Singh menyuarakan keprihatinan yang mendalam atas situasi di kawasan Teluk Persia, menyerukan negara-negara di kawasan itu “untuk menyelesaikan perbedaan melalui dialog.”

Menurut sumber informasi di Kementerian Pertahanan Iran, kedua belah pihak juga membahas ketegangan baru-baru ini antara Teheran dan Washington serta upaya AS untuk mengembalikan sanksi pra-2015 terhadap Iran.

Masalah normalisasi hubungan antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel juga muncul dalam diskusi, menurut sumber. Sementara Iran mengecam keras langkah tersebut, India menyambut baik kesepakatan UEA-Israel.

Ketegangan baru-baru ini antara India dan China di wilayah Kashmir yang disengketakan juga muncul untuk dibahas. Hubungan Iran dengan Beijing telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dan kedua belah pihak saat ini sedang dalam pembicaraan untuk menandatangani kesepakatan besar. Di sisi lain, hubungan India dengan China semakin memburuk.

Kunjungan Singh ke Teheran dipandang penting oleh pengamat regional, dengan latar belakang perkembangan baru-baru ini dalam pengembangan  pelabuhan Chabahar Iran, di mana Iran dilaporkan menyingkirkan India dari proyek yang menguntungkan.

Kedua negara telah terlibat dalam pengembangan pelabuhan yang menghubungkan India dengan Afghanistan itu. Para pengamat melihat Iran sebagai pintu gerbang India ke Asia Tengah dan Afghanistan. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)