Iran-Irak Sepakat Ekspor Listrik dan Gas dari Iran ke Irak

Ilustrasi: ladang minyak Iran. (Foto: Raheb Homapandi)

Teheran, MINA – dan mencapai kesepakatan tentang ekspor listrik dan gas dari Iran ke Irak.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian dan rekannya dari Irak, Fuad Hussein, saat menghadiri Majelis Umum PBB di New York, Sabtu (25/9), membahas kesepakatan bilateral yang dibuat antara kedua negara dalam kunjungan Perdana Menteri Irak ke Teheran awal bulan ini.

Mereka juga “menyetujui upaya serius untuk mengatasi beberapa masalah luar biasa”, lapor kantor berita Iran Tasnim, yang mencakup pelepasan aset keuangan Iran yang dipegang oleh pemerintah Irak.

Pada bulan Juni, Iran memutus pasokan listrik ke Irak selama beberapa hari untuk menekan Baghdad agar membayar utang $4 miliar kepada Teheran.

Irak telah mengalami kekurangan listrik yang berkepanjangan sejak tahun 1990-an dan bergantung pada Iran untuk sekitar sepertiga dari pasokan listriknya.

Baru-baru ini, Irak mengancam akan membawa Iran ke pengadilan internasional pada Jumat (24/9) setelah negosiasi untuk menyelesaikan krisis air menemui jalan buntu.

Irak mendapatkan sebagian besar airnya dari sungai Efrat dan Tigris serta beberapa anak sungai utama Tigris mengalir melalui Iran, kemudian Irak. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.