Iran Kecam Kelambanan Swedia Akhiri Tindakan Penodaan Al-Qur’an

Teheran, MINA – mengecam kelambanan mengakhiri penodaan berulang terhadap Al-Qur’an yang menghina umat , dan mendesak Stockholm mengambil “langkah-langkah praktis”.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kan’ani mengatakan pada Ahad (1/10), kecaman lisan dan penolakan pejabat Swedia terkait tindakan asusila terhadap kitab suci umat Islam tidaklah cukup.

“Sayangnya, kita masih menyaksikan terulangnya penodaan terhadap kesucian Islam yang bertentangan dengan prinsip dasar hak asasi manusia,” kata Kan’ani.

Pernyataan tersebut muncul sehari setelah Salwan Momika, seorang pria Irak yang tinggal di Swedia, kembali berusaha membakar salinan Al-Qur’an di kota Malmo di bawah perlindungan ketat.

“Tindakan-tindakan yang memicu kebencian yang menghina dan melanggar hak-hak dan nilai-nilai lebih dari dua miliar Muslim telah terjadi di tengah kehadiran pasif polisi Swedia,” katanya.

Baca Juga:  MUI Depok Luncurkan Buku Islam Wasathiyyah

Tentu saja, tindakan seperti itu tidak akan pernah terhapus dari pikiran orang-orang yang mencari kebebasan di dunia,” tambahnya.

Kan’ani menegaskan, Swedia diharapkan untuk menanggapi secara bertanggung jawab tuntutan paling jelas dari umat Islam, dengan secara serius mematuhi prinsip-prinsip dasar hak asasi manusia.

“Swedia juga harus mencoba mempromosikan etika dan hidup berdampingan secara damai antar agama melalui langkah-langkah yang praktis dan efektif,” tambahnya. (T/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.