Iran Kirim Dua Kapal Perang ke Perairan Internasional

kapal perang Alborz milik di Teluk Aden

Muscat, 17 Ramadhan 1428/12 Juni 2017 (MINA) – Iran mengirim dua kapal perang ke Oman sebelum mereka memulai misi mereka di perairan internasional di dekat pantai Yaman, kata angkatan laut negara tersebut.

Kantor berita Tasnim melaporkan kedua kapal tersebut, kapal perang Alborz dan kapal perang logistik Bushehr, berangkat dari kota pelabuhan Bandar Abbas pada Ahad untuk misi luar negeri ke Oman dan kemudian menuju ke perairan internasional.

“Armada kapal angkatan laut Iran akan berangkat ke Oman pada hari Minggu dan kemudian akan pergi ke utara Samudra Hindia dan Teluk Aden,” tulis kantor berita tersebut, sebagaimana dikutip Al Jazeera sebelumnya.

Misi ini merupakan kegiatan rutin dalam meningkatkan keamanan sepanjang jalur komunikasi laut Iran dan patroli rutin mereka serta misi lainnya.

Teluk Aden, yang terletak di antara Tanduk Afrika dan ujung selatan Jazirah Arab, adalah jalur pelayaran strategis yang menghubungkan samudra Hindia dengan Laut Merah dan Terusan Suez.

Langkah Iran tersebut dilakukan di tengah krisis di Teluk setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan dengan karena diduga mendukung “ekstremisme”.

Qatar membantah keras tuduhan tersebut.

Pemerintah Qatar mengatakan negaranya telah memimpin dalam upaya memerangi terorisme, salah satu upayanya termasuk memberi harapan kepada kaum muda melalui pekerjaan, mendidik ratusan ribu pengungsi Suriah dan mendanai program masyarakat yang anti terhadap kekerasan dan terorisme.

“Posisi kami dalam melawan terorisme lebih kuat daripada banyak kesepakatan yang ditandatangi bersama (oleh negara-negara lain),” tulis pemerintah dalam sebuah pernyataan.(T/RE1/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.