Iran: Komunitas Internasional Harus Ambil Tindakan Serius Perangi Terorisme

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian (kanan) dan timpalannya dari Sri Lanka Ali Sabry. (Press TV)

Teheran, MINA – Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian mengatakan, komunitas internasional perlu mengambil tindakan serius untuk memerangi terorisme.

Dalam percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri Sri Lanka Ali Sabry pada hari Jumat (5/1), Amir-Abdollahian memuji pesan simpati negara Asia Selatan tersebut atas serangan teror baru-baru ini di kota Kerman di Iran tenggara. Press TV melaporkan.

Dia mengatakan, pasukan keamanan Iran sedang menyelidiki segala sesuatu yang berkaitan dengan insiden tragis tersebut dan mengumpulkan informasi tentang para pelakunya.

Ledakan tanggal 3 Januari terjadi di dekat lokasi pemakaman mendiang komandan anti-teror Iran Letnan Jenderal Qassem Soleimani dalam sebuah upacara yang menandai peringatan empat tahun kematiannya.

Baca Juga:  Freedom Flotilla Siapkan Armada Tambahan untuk Kembali Berlayar Tembus Blokade Gaza

Ledakan tersebut menyebabkan 89 orang, termasuk 76 warga Iran dan 13 warga Afghanistan tewas, 286 lainnya luka-luka, beberapa di antaranya dalam kondisi kritis.

Teroris Daesh (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas tindakan keji tersebut dalam sebuah pernyataan yang diunggah di saluran Telegram afiliasi mereka. Daesh mengatakan dua anggotanya telah meledakkan sabuk peledak mereka di tengah kerumunan.

Menteri Dalam Negeri Iran Ahmad Vahidi mengatakan pada hari Jumat bahwa sejumlah tersangka yang terkait dengan serangan bom teroris telah ditangkap, sementara pasukan keamanan telah menemukan “petunjuk kuat” yang mengarah pada keberadaan para pelaku insiden tersebut. (T/RI-1/P1)

mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.