Iran Nyatakan Kesiapannya Bantu Akhiri Perang Yaman kepada PBB

Teheran, MINA – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan, negaranya telah memberi tahu Utusan PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, bahwa negaranya siap membantu mengakhiri perang di Yaman.

“Arab Saudi dan sekutunya tidak akan mengalahkan rakyat Yaman, dan Riyadh harus mengakhiri perangnya di Yaman,” ujar Zarif, MEMO melaporkan.

Dia menambahkan Iran tidak ingin menguasai kawasan itu. Sebaliknya, berusaha menjalin hubungan baik dengan tetangga Arabnya.

Zarif juga mengatakan, Iran belum menerima proposal apa pun untuk menghentikan dukungannya kepada Houthi, sebagai imbalannya Washington menghentikan dukungannya untuk operasi militer koalisi pimpinan Saudi di Yaman.

Mengomentari perjanjian normalisasi yang ditandatangani antara beberapa Negara Teluk dan Israel, ia juga mengatakan negara-negara di kawasan itu salah jika mereka yakin bahwa Israel dapat menjamin keamanan mereka.

“Kami memberi tahu negara-negara yang telah menormalisasi hubungan mereka dengan Israel bahwa [Perdana Menteri Israel Benjamin] Netanyahu, yang tidak dapat melindungi dirinya dari masuk penjara, tidak akan memberi Anda keamanan,” katanya. (T/R7/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)