Iran Nyatakan Siap Kerja Sama dengan PBB Promosikan Perdamaian

New York, MINA – Presiden Iran, Ebrahim Raeisi menyatakan kesiapan negaranya untuk bekerja sama dengan PBB mempromosikan perdamaian global dan mencegah penindasan terhadap negara-negara ketiga.

Pernyataan tersebut disampaikan Raeisi saat bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres di markas besar PBB di New York pada Senin (19/9).

Raeisi mengatakan, kerja sama dengan PBB adalah prinsip Republik Islam, dan menekankan bahwa negara tersebut siap berkontribusi pada perluasan perdamaian dan keamanan di seluruh dunia dan pencegahan penindasan terhadap negara-negara.

Menghargai upaya-upaya PBB, Raeisi mengatakan, badan dunia tersebut bertugas untuk memperhatikan seruan negara-negara untuk menegakkan keadilan, serta pembentukan keamanan berkelanjutan, dan penghapusan diskriminasi dan kemiskinan.

Baca Juga:  Turkiye Ubah Museum Jadi Masjid

Menurutnya, masyarakat dunia berharap PBB dapat menghindari tuntutan berlebihan dan hasutan perang yang dilakukan oleh negara-negara besar dan sistem dominasinya, tambahnya.

Dia juga menyoroti kekhawatiran mengenai masa depan politik dan sosial di Afghanistan, Yaman, dan Suriah, serta separatisme di Afrika, dan mengatakan, PBB memiliki misi penting untuk mencegah penindasan terhadap rakyat negara-negara tersebut. (T/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.