Iran Puji Dukungan Yaman Terhadap Palestina 

Teheran, MINA – Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian memuji terhadap perjuangan rakyat di saat agresi Israel semakin meningkat.

Diplomat tinggi Iran mengunjungi Kedutaan Besar Yaman di Teheran, Kamis (30/11) untuk mengucapkan rasa terima kasih Republik Islam kepada Sana’a atas dukungannya, demikian Press Tv.

“Dukungan Yaman terhadap rakyat dan Tepi Barat (yang diduduki) sangat mengagumkan,” kata Amir-Abdollahian saat bertemu dengan Duta Besar Yaman, Ibrahim Mohammed al-Dailami.

Pertemuan tersebut terjadi di tengah perang yang dilancarkan rezim Israel terhadap Gaza sejak 7 Oktober, sejauh ini telah merenggut nyawa lebih dari 15.500 warga Palestina. Zionis Israel juga meningkatkan serangan terhadap Tepi Barat sejak awal perang.

Baca Juga:  Takluk dari Irak 2-1, Indonesia Gagal Rebut Juara 3 Piala Asia U-23 di Qatar

Pasukan Yaman telah melakukan beberapa operasi terhadap wilayah pendudukan sejak awal kampanye militer Israel, termasuk serangan rudal balistik dan penjelajah, dan telah menyita setidaknya tiga kapal Israel yang melakukan perjalanan melalui perairan teritorial Yaman.

Pasukan tersebut juga telah melancarkan setidaknya dua operasi yang menargetkan kepentingan Amerika Serikat sebagai protes atas dukungan militer dan politik terhadap perang Israel.

“Kami menganggap membela rakyat Palestina dan Gaza sebagai tugas kami, dan akan terus mendukung Palestina selama diperlukan,” kata utusan Yaman tersebut.

“Keputusan para pemimpin [Yaman] di Sana’a yang menargetkan kepentingan rezim Zionis di wilayah pendudukan dan di laut sejalan dengan keyakinan kuat kami dalam membela rakyat Gaza,” tambahnya.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, UI Gelar Perkemahan Solidaritas Palestina

Pada hari yang sama, Angkatan Bersenjata Yaman mengeluarkan sebuah pernyataan, berjanji untuk mengulangi serangan mereka terhadap sasaran-sasaran Israel jika rezim tersebut melanjutkan perangnya di Gaza menyusul gencatan senjata yang diperkirakan akan berakhir pada Jumat nanti. (T/R4/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.