IRAN PUJI PENANGANAN HAJI ARAB SAUDI

Pertemuan Menteri Luar Negeri Iran dan Arab Saudi di Jeddah, Kamis, 1 Oktober 2015. (Foto: SPA)
Pertemuan Menteri Luar Negeri Iran dan Arab Saudi di Jeddah, Kamis, 1 Oktober 2015. (Foto: SPA)

Jeddah, 18 Dzulhijjah 1436/2 Oktober 2015 (MINA) – Menteri Kesehatan Iran Hassan Hashimi memuji upaya Pemerintah Arab Saudi dalam menangani insiden terinjak-injaknya ribuan jamaah haji di Mina.

Pujian itu Hashimi sampaikan saat bertemu dengan Menteri Kesehatan Arab Saudi Khalid bin Abdulaziz Al-Falih di Jeddah, Kamis (1/10).

“Kejadian di Mina terjadi di luar kehendak dan kontrol manusia,” kata Hashimi usai pertemuan, Al Arabiya melapokan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dia mengatakan, Kerajaan menyediakan semua layanan medis dan ambulans untuk semua korban dan penanganan para korban dalam siatuasi kacau itu adalah tugas yang sulit dilakukan oleh pemerintah Saudi.

Selain membahas masalah tragedi di Mina dan penanganan para korbannya, kedua menateri juga membahas hubungan bilateral.

Pada kesempatan itu, Falih menyampaikan belasungkawa dari Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud kepada pemerintah dan keluarga jamaah asal Iran.

Disampaikan pula kesediaan Arab Saudi untuk bekerja sama dengan pemerintah Iran pada semua tindakan dalam hal itu.

Kedua pihak setuju untuk mengangkut mayat warga Iran yang sudah diidentifikasi sesegera mungkin dan terus berkomunikasi untuk mengidentifikasi jenasah-jenasah yang belum dikenal dan menangani korban-korban luka.

Hari-hari sebelumnya setelah insiden di Mina, berbagai kecaman dan kritik di ungkapkan oleh pemerintah dan media-media Iran terhadap kepengurusan haji tahun ini, memicu memanasnya hubungan kedua negara yang terkenal berseteru di berbagai isu di Timur Tengah. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0