Iran Rilis Rekaman Penangkapan Tanker Berbendera Inggris

Kapal tanker Stena Impero milik Inggris ditahan sementara oleh militer Iran. (Foto: Press TV)

Teheran, MINA – merilis rekaman tanker minyak berbendera Inggris yang disita di Selat Hormuz setelah mengabaikan peringatan bahaya.

Rekaman itu menunjukkan kapal cepat Iran berlayar di dekat tanker Stena Impero. Saat yang sama helikopter militer terbang di atas kapal.

Suara seorang marinir Iran terdengar berkomunikasi dengan pusat komando di kota pelabuhan selatan Bandar Abbas.

Pasukan komando bertopeng Iran kemudian naik ke dek kapal tanker dari helikopter. Nama kapal bisa dilihat di video, demikian Press TV melaporkan.

Sebelumnya pada Sabtu, Kepala Organisasi Pelabuhan dan Maritim di provinsi selatan Hormozgan, Allah-Morad Afifipoor mengatakan, kapal tanker Stena Impero berbendera Inggris berbobot 30.000 ton “bertabrakan dengan sebuah kapal penangkap ikan pada rutenya. Menurut hukum, setelah kecelakaan perlu diselidiki penyebabnya.”

Afifipoor mengatakan juga, menyusul tabrakan itu, mereka yang berada di atas kapal penangkap ikan “menghubungi kapal Inggris tetapi tidak menerima respon apa pun,” sehingga mereka memberi tahu organisasi maritim Hormozgan, “sesuai dengan prosedur hukum.”

Afifipoor juga mencatat bahwa kapal tanker itu telah dibawa ke pelabuhan Bandar Abbas, tempat kapal itu dan awaknya akan tetap tinggal di saat penyelidikan dilakukan terhadap perilaku kapal Inggris. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)