Iran Sambut Upaya Perantara Atur Pembicaraan Damai dengan Saudi

Teheran, MINA – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan, negaranya menyambut upaya para perantara untuk mengatur pembicaraan damai dengan Arab Saudi, termasuk yang dilakukan oleh Perdana Menteri Pakistan Imran Khan yang dijadwalkan tiba hari ini (12/10).

“Kami selalu terbuka untuk membahas apa pun dengan Arab Saudi. Arab Saudi adalah tetangga kami. Kami akan terus bersama berada di kawasan ini,” kata Zarif dalam wawancara dengan TRT World Turki, demikian Press TV melaporkan.

“Kami tidak punya pilihan selain berbicara satu sama lain, dan kami terbuka untuk berbicara dengan Arab Saudi baik secara langsung atau melalui perantara. Kami tidak pernah menolak perantara,” katanya menegaskan

Khan akan memulai kunjungan resmi ke Iran dan Arab Saudi sebagai bagian dari upaya Pemerintah Islamabad untuk meredakan ketegangan yang meningkat di Timur Tengah, kata sumber-sumber diplomatik, Jumat (11/10).

Khan pada Sabtu akan meninggalkan Islamabad menuju Teheran. Dia dijadwalkan bertemu Presiden Iran Hassan Rouhani pada Ahad.

Selanjutnya, ia akan melakukan perjalanan ke Riyadh untuk pertemuan dengan para pemimpin Saudi. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)