Iran Sediakan Gelang Elektronik bagi Jamaah Haji

Teheran, 18 Sya’ban 1438/16 Mei 2017 (MINA) – Pemerintah berencana untuk menyediakan gelang elektronik bagi asal negaranya musim panas tahun ini.

“Jamaah haji asal Iran akan dilengkapi dengan gelang elektronik untuk mencegah kemungkinan masalah,” ujar Kepala Organisasi Haji dan Umrah Iran Hamid Mohammadi beberapa hari lalu, kepada kantor berita Tasnim yang dikutip MINA.

Pejabat itu menambahkan, industri elektronika Iran telah merancang dan membuat gelang tersebut dan juga akan memproses data dari perangkat tersebut, bagi setidaknya 80.000 calon jamaah haji negaranya.

“Tidak diragukan lagi, ini akan sangat membantu jamaah haji dan akan memberikan kontribusi pada layanan yang lebih baik bagi para peziarah,” tambahnya.

Pada Maret lalu, Iran mengadakan pembicaraan dengan pejabat Saudi untuk menyelesaikan masalah yang telah menghambat pengiriman jamaah asal Iran ke Mekkah, Arab Saudi, tahun lalu.

Sebagian besar masalah telah diselesaikan dalam negosiasi antara Iran dengan Arab Saudi.

Masalah teknis tersisa akan diselesaikan oleh perwakilan Iran dalam urusan haji dan umrah, Ali Qazi-Askar.

Iran memutuskan untuk menarik diri dari pengiriman jamaah pada musim haji tahun lalu, dengan alasan untuk keamanan para peziarahnya setelah insiden mematikan pada musim haji 2015.

Saat itu, lebih dari 450 orang Iran termasuk di antara 2.200 jamaah haji yang meninggal dalam insiden di kawasan Mina. (T/RS2/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.