Iran Siap Ekspor Minyak 500.000 Barel Per Hari

Perusahaan minyak Iran. (Foto: dok. ektesad.com)
Perusahaan minyak . (Foto: dok. ektesad.com)

Teheran, 7 Rabi’ul Akhir 1437/17 Januari 2016 (MINA) – Dengan telah dihapus, Iran siap meningkatkan ekspor minyak mentahnya sebesar 500.000 barel per hari.

Rencana itu disampaikan Deputi Menteri Perminyakan Iran Amir Hossein Zamaninia, sebagaimana dikutip oleh kantor berita Shana pada Ahad (17/1).

Kembalinya Iran ke pasar minyak yang sudah penuh adalah salah satu faktor penyebab penurunan harga minyak dunia yang jatuh di bawah US$ 30 per barel pekan lalu untuk pertama kalinya dalam 12 tahun. Demikian Al Jazeera memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Iran adalah produsen minyak terbesar keempat di dunia.

Di hari yang sama, Presiden Iran Hassan Rouhani memuji kesepakatan nuklir dengan kekuatan dunia sebagai “lembaran emas” dalam sejarah Iran.

Rouhani mengatakan, ia melihat ke depannya masa depan ekonomi yang tidak bergantung pada minyak saja, ketika negaranya lepas dari sanksi.

Isolasi ekonomi terhadap Iran berakhir ketika kekuatan dunia mengangkat sanksi yang melumpuhkan negara itu pada Sabtu (16/1) sebagai imbalan kepada Pemerintah Teheran yang mematuhi kesepakatan untuk mengekang ambisi nuklirnya. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.