Iran Usir Drone Mata-Mata AS dari Wilayah Udara Nasional

Pesawat mata-mata AS (youtube)

Teheran, MINA – Iran mengusir dore (pesawat tanpa awak) mata-mata AS, dari komando wilayah udara nasional, jaringan tv channel RT.com melaporkan.

Selama enam bulan terakhir, pertahanan udara Iran telah memaksa pesawat mata-mata AS U2 dan pesawat pengintai RQ-4 untuk mengubah arah dari wilayah udara Iran, kata komandannya.

Terakhir, insiden dengan pesawat tak berawak itu terjadi pada 26 Agustus, Komandan Pertahanan Udara Brigadir Jenderal Farzad Esmaili mengatakan dalam sebuah wawancara TV yang disiarkan  Sabtu malam (2/9), tepat saat negara tersebut menandai ulang tahun pasukan tersebut.

Sebelumnya, insiden U2 terjadi pada 21 Maret, pesawat kemudian memutar balik setelah sebuah peringatan dari Iran, katanya.

“Pengendali pesawat terbang harus merespons karena sistem pertahanan rudal Pangkalan Pertahanan Udara dan Angkatan Udara serta pesawat drone IRGC siap menghadapinya,” kata Esmaili.

Ia memperingatkan bahwa Iran tidak akan ragu untuk menjatuhkan pesawat mata-mata asing jika melanggar wilayah udara negara tersebut.

Menyoroti kemajuan Teheran dalam mengembangkan teknologi pertahanan udara dalam negeri, Esmaili mengatakan bahwa pesanan sistem Bavar-373 buatan Rusia, dilengkapi dengan sistem S-300, akan siap untuk memasuki layanan pada akhir tahun ini, atau paling lambat an Maret 2018.

Esmaili juga mengumumkan bahwa para insinyur militer Iran telah memproduksi radar over-the-horizon yang sangat peka terhadap gerakan dari jarak sekitar 3.000 km.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Seyed Ali Khamenei memuji peran yang dimainkan oleh angkatan udara negaranya setelah bertemu dengan perwira militer dan pejabat pada Ahad (3/9).

Dia mengatakan, tentara di pangkalan Khatam Al-Anbiya melakukan “pekerjaan yang sangat baik” melindungi Iran dan mengatakan memiliki “sumber daya manusia yang terdidik, bijaksana, berani dan tak kenal lelah” di negara ini, yang sangat penting untuk keselamatan negara. (T/RS2/RS1)
Mi’raj News Agency (MINA)

https://www.rt.com/news/401891-iran-airspace-us-spy-plane/