Iran Usulkan Jalur Pelayaran Alternatif ke Terusan Suez

Foto: MEMO

Moskow, MINA – Duta Besar Iran untuk Rusia, Kazem Jalali, mengusulkan untuk mengaktifkan jalur pelayaran yang melewati Iran sebagai alternatif ke Terusan Suez, Mesir.

Terusan Suez telah ditangguhkan sementara sejak Selasa (23/4), ketika kapal kargo kontainer besar Panama, Ever Given, kandas saat melewati saluran baru di kanal tersebut. Demikian MEMO melaporkan, Rabu (28/4).

The Ever Given berhasil berlayar kembali pada 29 Maret dan dipindahkan ke Great Bitter Lake di dekatnya untuk diperiksa kelayakannya dan dilakukan perbaikan.

Pada Agustus 2015, Mesir meresmikan Terusan Suez Baru, yang menelan biaya $ AS 8 miliar, sebagai bagian dari rencana untuk menghidupkan kembali perekonomian negara dan memulihkan posisi Mesir sebagai pusat perdagangan yang penting.

Jalali menyerukan percepatan infrastruktur dan pengaktifan koridor utara-selatan sebagai akibat dari penghentian lalu lintas laut di Terusan Suez.

Tersumbatnya Terusan Suez memberi dampak pada logistik global. Sebagaimana diketahui, 12% dari perdagangan global melewati kanal sepanjang 193 km itu, yang menghubungkan Laut Mediteranea dengan Laut Merah dan menyediakan jalur laut terpendek antara Asia dan Eropa. (T/Hju/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)