ISIS EKSEKUSI TERDUGA MATA-MATA RUSIA

Gambar dalam video eksekusi terduga mata-mata Rusia oleh ISIS. (ARA News)
Gambar dalam video eksekusi terduga oleh . (ARA News)

Raqqa, Suriah, 21 Safar 1437/3 Desember 2015 (MINA) – Kelompok Islamic State (ISIS/Daesh) merilis sebuah video baru yang menunjukkan pemenggalan anggota militan yang dituding sebagai mata-mata Rusia di dalam kelompok.

Video yang dirilis pada Rabu (2/12) itu menunjukkan algojo melambaikan pisau dan berdiri di belakang seorang tawanan yang berlutut.

Video muncul ketika Rusia meningkatkan serangan udaranya terhadap kelompok oposisi di Suriah dan memperkuat pasukan militer Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

Di bawah tulisan dalam video berbunyi “O Rusia, Anda akan kecewa dan dipermalukan”, algojo berbicara bahasa Rusia dengan fasih, mengancam Rusia sebelum mengeksekusi tawanan.

Video berdurasi delapan menit itu telah diunggah secara luas oleh aktivis pro-ISIS dan simpatisannya di media sosial.

Tawanan mengaku, ia telah direkrut oleh intelijen Rusia untuk mengumpulkan informasi tentang ISIS, terutama dari anggota baru asal daerah Kaukus yang bergabung dengan kelompok itu.

Khasiev Magomid lahir tanggal 4 Agustus 1992 di kota Grozny di Republik Chechnya. Ia masuk wilayah yang dikuasai ISIS dengan nama “Haroun” atas perintah dari intelijen Rusia.

Dalam video terbaru itu, Magomid mengaku akan mengungkapkan tujuan sebenarnya ia memasuki wilayah ISIS.

Sejak awal kampanye udara Rusia di pada akhir September lalu, ISIS telah mengancam akan melakukan serangan terhadap Rusia.

Di wilayah Sinai Mesir, ISIS mengaku bertanggung jawab atas meledaknya pesawat penumpang Rusia pada akhir Oktober, menewaskan 224 orang. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0