ISIS KLAIM PEMBANTAIAN WARGA KRISTEN ETHIOPIA DI LIBYA

LIBYATripoli, 1 Rajab 1436/20 April 2015 (MINA) – Sebuah video baru yang diduga kuat dirilis oleh ISIS menunjukkan tayangan pembunuhan dua kelompok Kristen Ethiopia di dua lokasi berbeda di Libya.

Video berdurasi 29 menit itu upload pada Ahad (19/4). Video menyebutkan, satu kelompok ditawan oleh afiliasi ISIS di Libya timur dan yang lain oleh afiliasi di selatan.

Seorang pria bertopeng memberikan pernyataan sebelum menampilkan dua cuplikan kelompok itu, di selatan, ada 16 tawanan ditembak mati di daerah gurun dan 12 tawanan di timur dipenggal di pantai.

Namun tidak jelas siapa sebenarnya para tawanan itu, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan.

Ridwan Hussein, seorang juru bicara pemerintah Ethiopia mengatakan, ia tidak bisa segera mengkonfirmasi kebangsaan para korban.

Dalam wawancara terpisah, Hussein mengutuk pembunuhan itu, namun ia menyatakan belum jelasapakah mereka warga Ethiopia atau bukan.

Kedutaan Ethiopia di Mesir bekerja untuk memverifikasi apakah mereka yang tewas memang warga Ethiopia.

Video memuat logo resmi ISIS dengan sayap media Al-Furqan. Video tersebut menyerupai video sebelumnya yang dirilis oleh kelompok.

Sebuah teks pada layar menyebutkan para laki-laki tawanan tersebut sebagai “pengikut salib dari Gereja Ethiopia”. (T/P001/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Comments: 0