ISIS KLAIM SERANG WISATAWAN ISRAEL DI KAIRO

Keltompok Islamic State (ISIS) di Semenanjung Sinai. (Gambar: dok. Redanalysis.org)
Kelompok Islamic State (ISIS) di Semenanjung Sinai. (Gambar: dok. Redanalysis.org)

Sinai, Mesir, 29 Rabi’ul Awwal 1437/9 Januari 2015 (MINA) – Kelompok Islamic State (ISIS/Daesh) pada Jumat (9/1) mengklaim, anggotanya telah melakukan serangan pada wisatawan Israel di Kairo sehari sebelumnya.

Serangan itu melaksanakan seruan pemimpin tertinggi ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi, untuk menargetkan orang-orang Yahudi “di mana saja”, demikian Al Jazeera memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kelompok itu mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disebar melalui internet, serangan itu menggunakan senjata ringan pada Kamis, di luar sebuah hotel di Kairo yang tidak menjatuhkan korban tewas atau terluka.

Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan, serangan itu ditujukan pada pasukan keamanan dan dilakukan oleh seorang pria bersenjata tunggal yang melepaskan tembakan burung. Penyerang telah ditangkap.

Sumber-sumber keamanan mengatakan, para wisatawan adalah orang Arab Israel dan tidak ada korban dalam insiden itu.

Afiliasi ISIS di Mesir berbasis di Semenanjung Sinai. Mereka berjuang memerangi pasukan keamanan Mesir dan sebagian besar menargetkan tentara dan polisi.

Industri pariwisata merupakan sumber penting bagi pemasukan uang di Mesir dan sangat sensitif terhadap serangan. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)