ISIS YAMAN KLAIM LAKUKAN SERANGAN BOM SHALAT IDUL ADHA DI SANAA

Kondisi luar masjid setelah ledakan di pelaksanaan shalat Idul Adha d Sanaa, Yaman, Kamis pagi, 24 September 2015. (Twitter)
Kondisi luar masjid setelah ledakan di pelaksanaan shalat d , Yaman, Kamis pagi, 24 September 2015. (Twitter)

Sanaa, 11 Dzulhijjah 1436/25 September 2015 (MINA) – Kelompok bersenjata Islamic State (/Daesh) cabang Yaman telah mengaku bertanggung jawab atas serangan bunuh diri terhadap jamaah shalat Idul Adha di ibukota Sanaa, Kamis 24/9 pagi, yang menewaskan 25 orang.

Pejabat keamanan mengatakan, ledakan dua kali  itu juga melukai puluhan jamaah dan merusak Masjid Al-Bolayli.

Masjid terletak di daerah pendukung oposisi bersenjata Houthi berpaham yang kini menguasai ibukota sejak September tahun lalu.

Klaim pertanggungjawaban ISIS beredar di Twitter yang dibuat oleh para pendukungnya, Al Jazeera melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Saksi melaporkan, setelah ledakan pertama terjadi di dalam masjid, seorang pelaku lainnya meledakkan diri dengan sabuk peledak di pintu  saat jamaah bergegas keluar masjid untuk menyelamatkan diri.

Sementara Anadolu Agency melaporkan, serangan terhadap jamaah shalat itu dilakukan dengan bom mobil di luar masjid.

ISIS adalah kelompok bersenjata yang menguasai sejumlah wilayah di Irak dan Suriah. Mereka menganggap penganut paham Syiah adalah sesat.

Sebelumnya serangan bom ISIS pernah menargetkan beberapa masjid Syiah di Sanaa, antara lain  pada 21 Maret yang menewaskan 142 orang jamaah. Kelompok ini juga mengklaim serangan terhadap masjid di Kuwait dan Arab Saudi. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0