Isra Mi’raj Tumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Terhadap Al-Aqsha dan Palestina

Banten, MINA – Ulama Indonesia yang pernah belajar dengan Syaikh bin Baz (Saudi), Ust. Umar Rasyid Hasan mengatakan, momentum Isra Mi’raj yang diperingati umat Islam Indonesia dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab mereka terhadap permasalahan masjidil Aqsha dan Palestina yang sampai hari ini masih berada dalam penjajahan Zionis.

“Isra Mi’raj adalah sebuah moment yang dapat renungkan dan dihayati untuk meningkatkan rasa tanggung jawab umat Islam terhadap Palestina dan Al Aqsha seperti yang terdapat dalam firman Allah dalam QS. AL Israa ayat pertama,” katanya dalam acara tablig akbar Isra Mi’raj di di masjid Jami Darussalam Sindangsari, Banten beberapa waktu lalu.

Kepada wartawan MINA, Umar Rasyid juga menyampaikan dirinya mengajak semua umat Islam khususnya Jama’ah Muslimin untuk istiqomah dalam berdakwah menyadarkan masyarakat akan pentingnya tanggung jawab bersama dalam persoalan Palestina.

“Masalah Palestina bukan hanya masalah warga Palestina saja, tapi itu adalah persoalan kemanusiaan, persoalan umat manusia yang punya tanggung jawab membebaskan manusia dari segala bentuk penjajahan di muka bumi,” katanya.

Umar Rasyid berpesan, untuk membantu perjuangan rakyat palestina, ada banyak hal yang harus dilakukan umat Islam. Sektor pendidikan dan ekonomi menjadi yang utama dalam perjuangan itu.

“Pendidikan generasi muda harus bagus dan berkarakter Islami. Tidak mereka dapat berjuang jika pendidikan mereka bermodel sekuler. Dalam hal ekonomi,  umat ini harus terus menggeliat dan memperkuat diri. Kita mau bangun masjid, rumah sakit, saluran air bersih lain sebagainya, semua membutuhkan dana,” paparnya.

Di samping itu, upaya mensosialisasikan perjuangan Palestina kepada masyarakat internasional bisa melalui konferensi, seminar, penggalangan dana, hingga menyiapkan personil yang siap berjuang di Palestina.

“Perjuangan ini memerlukan proses, tidak bisa dilihat dalam waktu sebentar. Jika dunia semakin banyak yang merespon perjuangan ini, insya Allah akan tercapai cita-cita kemerdekaan Palestina dan pembebasan Al Aqsha,” paparnya dengan nada semangat. (L/FZ/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)