ISRAEL AMBIL ALIH MAKAM BERSEJARAH MUSLIM PALESTINA

Pemakaman Palestina di Yerusalem (Foto: Maan News Agency)
Pemakaman Palestina di Yerusalem (Foto: Maan News Agency)

Al-Quds, 22 Dzulqa’dah 1436/6 Otoritas Israel berencana segera mengambil alih sebagian tanah pemakaman Muslim Bab al-Rahma di Silwan, kawasan Al-Quds, untuk dijadikan taman nasional. Namun, puluhan warga Palestina pun segera berkumpul di sekitar wilayah itu untuk membersihkan pemakaman, Jumat (5/9). 

Para pemimpin Islam dan nasional di permukiman Silwan, menyerukan aksi protes setelah otoritas Israel berencana mengambil alih 40 persen lahan pekuburan.

Maan News melaporkan, Bab al-Rahma berada di sepanjang dinding sebelah timur Kota Tua Al-Quds dan telah digunakan lebih dari 1.000 tahun.

Kepala Komite Perlindungan Makam Islam di Al-Quds, Mustafa Abu Zahra mengatakan, Israel mengklaim mereka menjalankan putusan pengadilan. Namun mereka tidak bisa membuktikan klaim tersebut.

Zahra mengungkapkan, berdasarkan dokumen yang ada, tanah tersebut milik Badan Amal Islam yang mengontrol Masjid Al-Aqsa. Dokumen juga menunjukkan garis batas pemakaman.  “Israel membajak tanah tersebut,” ujarnya.

Awal pekan ini, Direktur Masjid Al-Aqsa Sheih Omar al-Kiswani mengatakan, Israel tidak hanya membongkar rumah Muslim, orang sudah mati pun dibuat tidak aman.

Bab al-Rahma , yang artinya pintu kasih sayang, membentang di sepanjang dinding timur Kota Tua Al-Quds dan telah digunakan selama lebih dari 1.000 tahun.

Abu Zahra mengatakan, dokumen menunjukkan bukti tanah milik wakaf Islam kompleks Masjid Al-Aqsha. Dokumen juga dengan jelas memperlihatkan batas-batas pemakaman(T/P002/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0