Israel Bahas Perjanjian Non-Agresi dengan Negara-Negara Teluk

Tel Aviv, MINA – Kementerian Luar Negeri Israel mengumumkan keberangkatan delegasinya ke Washington untuk membahas kemungkinan mencapai kesepakatan non-agresi antara negara itu  dengan Negara-negara Teluk.

“Delegasi Israel tiba di ibu kota AS, Washington, Senin (2/12) untuk mengadakan pembicaraan tentang kemungkinan mencapai kesepakatan tanpa pertempuran antara Israel dan negara-negara Teluk,” pernyataan Menteri Luar Negeri Israel, yang dilaporkan Quds Press.

Delegasi tersebut terdiri dari pejabat-pejabat Kementerian Luar Negeri, Biro Keamanan Nasional, Kementerian Angkatan Darat dan Kementerian Kehakiman.

Sebelumnya sorang Menteri Israel telah mengindikasikan dalam pernyataan pers pada November lalu bahwa Israel sedang bekerja untuk menyelesaikan usulan kesepakatanm ‘non-perang’ dengan Negara-negara Teluk.

Namun Israel menuduh Iran, negara lain di kawasan teluk,  sebagai ancaman utama di kawasan itu, melalui dukungannya terhadap organisasi teroris.

Israel juga menambahkan bahwa sanksi AS terhadap Iran penting dan harus terus menekan mereka.

Menteri Luar Negeri Israel mengumumkan pada bulan Juli bahwa ia telah bertemu secara terbuka dengan timpalannya dari Bahrain Khalid bin Ahmed al-Khalifa di Washington, langkah pertama antara kedua pihak, yang tidak memiliki hubungan diplomatik resmi.

Kecuali Mesir dan Yordania, negara-negara Arab lain tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)