Israel Bakal Tandatangani Kesepakatan Normalisasi Dengan Sudan

Yerusalem, MINA – Menteri Intelijen Israel Eli Cohen mengatakan pada Rabu (27/1), Israel dan Sudan sedang menyelesaikan kesepakatan normalisasi yang akan ditandatangani di Washington dalam tiga bulan mendatang.

Dikutip dari Anadolu Agency, Cohen yang mengunjungi Khartoum pada Senin (26/1) untuk membahas rencana ekonomi dan masalah keamanan perbatasan dengan para pejabat Sudan, menolak memberikan tanggal pasti pembukaan kedutaan Israel di Khartoum.

Dia mengatakan pertukaran kedutaan kemungkinan akan terjadi setelah penandatanganan kesepakatan normalisasi.

“Rancangan perjanjian perdamaian sedang berjalan dan upacara penandatanganan untuk Israel dan Sudan diharapkan terjadi di Washington dalam tiga bulan ke depan,” kata Cohen kepada Ynet TV Israel.

Dalam kunjungannya, Cohen bertemu dengan pejabat tinggi Sudan, termasuk Ketua Dewan Kedaulatan Sudan Abdel Fattah Al-Burhan.

Dia mengatakan setelah kesepakatan normalisasi, kedua negara akan menandatangani perjanjian di bidang ekonomi dan pertanian serta membuka wilayah udara Sudan untuk pesawat Israel.

Tidak ada komentar dari pejabat Sudan tentang laporan tersebut.

Pada 23 Oktober lalu, Sudan mengumumkan kesepakatan kontroversial untuk menormalkan hubungan dengan Israel, sebuah langkah yang dengan keras ditolak oleh beberapa kekuatan politik nasional, termasuk partai-partai dalam koalisi yang berkuasa.(T/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)