Israel Bombardir 10 Sekolah di Gaza

Salah satu sekolah di Jalur Gaza yang terdampak akibat serangan udara militer Istael.(Foto: Palinfo)

, MINA – Kementerian di Gaza mengumumkan, Kamis kemarin pasukan Israel mengebom tiga .

Pengeboman tersebut mengakibatkan kerusakan hebat pada gedung, ruang kelas, alun-alun, fasilitas dan alat pendidikan.

Jumlah sekolah yang dibom oleh pesawat Israel sejak awal agresi telah mencapai sepuluh sekolah, Palinfo melaporkan, Jumat (14/5).

Kementerian memaparkan, Jalur Gaza selama ini mengalami  kekurangan sekolah akibat blokade Israel di Gaza dan mencegah masuknya bahan bangunan.

Oleh karena itu, menargetkan sekolah yang ada, adalah rencana dan tindakan Israel yang sistematis untuk memberantas pendidikan dan menghancurkan infrastrukturnya.

Disebutkan bahwa pemboman sekolah merupakan pelanggaran secara terang-terangan terhadap semua norma internasional dan hak atas pendidikan yang diadvokasi oleh komunitas dunia.

Kementerian meminta komunitas internasional, lembaga hak asasi manusia dan lembaga lain, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNESCO, UNICEF, Kelompok Pendidikan Internasional dan Lembaga Pendanaan Pendidikan Eropa Bersama JFA mengecam agresi Israel terhadap sekolah dan fasilitas pendidikan, serta segera bertindak untuk menghentikan pelanggaran ini.

Kementerian juga meminta komunitas internasional dan semua lembaga hak asasi manusia dan lembaga yang terkait dengan pendidikan untuk menekan otoritas pendudukan untuk mencabut blokade di Jalur Gaza,

Komunitas internasional juga diminta bekerja membangun kembali sekolah yang hancur, menyelesaikan pembangunan sekolah yang ditangguhkan akibat blokade, dan mendukung penuh sektor pendidikan di Gaza.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)