Israel Bongkar Sekolah di Hebron

, MINA – Pihak berwenang menyerahkan pemberitahuan pembongkaran bangunan ke beberapa rumah dan sekolah di Masafer Yatta, distrik Hebron, sebelah selatan Tepi Barat yang diduduki, Rabu (30/1).

Koordinator Komite Permukiman dan Tembok, Rateb Al-Jbour mengatakan, otoritas Israel menyerbu wilayah Masafer Yatta dan menyerahkan pemberitahuan pembangunan ke beberapa rumah milik keluarga Al-Dababseh.

Al-Jbour juga mengatakan, Israel mengirimkan pemberitahuan pembongkaran ke sebuah sekolah dasar, sebagaimana sebelumnya sekitar empat bulan lalu dihancurkan pasukan Israel, tetapi dibangun kembali, demikian Maan News Agency dikutip MINA.

Otoritas Israel berusaha mengusir penduduk Masafer Yatta dan merebut tanah mereka sebagai dari rencana ekspansi Israel di Tepi Barat.

Menurut Applied Research Institute Jerusalem, sekitar 3.000 pemukim Israel tinggal di pemukiman ilegal Yahudi di wilayah Yatta.

Perbukitan Hebron selatan dikenal sebagai Masafer Yatta, terletak hampir seluruhnya di Area C yang membentuk sekitar 60 persen wilayah Tepi Barat yang diduduki, yang direncanakan Israel untuk mencaplok setelah mengusir penduduk Palestina sejak Kesepakatan Oslo 1993.

Penduduk Masafer Yatta diusir pada saat pembentukan zona tembak pada 1970-an dan akhirnya diizinkan kembali setelah persengketaan pengadilan yang panjang, tetapi berada di bawah ancaman terus-menerus rumah mereka yang akan dihancurkan. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.