Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Israel Buka Kembali Penyeberangan Erez ke Gaza

sri astuti - Jumat, 3 Mei 2024 - 14:06 WIB

Jumat, 3 Mei 2024 - 14:06 WIB

5 Views

Penyeberangan Eres. (Foto: Yonatan Sindel/Flash90)

Gaza, MINA – Israel telah membuka kembali Penyeberangan Erez (Beit Hanoun) ke Jalur Gaza utara agar truk bantuan bisa lewat, menyusul seruan dari organisasi bantuan internasional yang menyerukan akses kemanusiaan yang lebih besar ke wilayah Palestina.

Otoritas Pendudukan Israel membuka pintu penyeberangan Erez pada Rabu (1/5), pada hari kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, yang bertemu dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dan menekankan perlunya peningkatan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Wilayah tersebut. MEMO melaporkan.

Dalam kunjungannya, Blinken mengakui meskipun bantuan ke wilayah Palestina meningkat, upaya tambahan masih diperlukan.

IOF mengonfirmasi Penyeberangan Erez telah dibuka dengan 30 truk yang mengirimkan makanan dan pasokan medis dari Yordania; Namun, Kementerian Luar Negeri Yordania mengatakan beberapa pemukim Israel menyerang dua konvoi bantuan kemanusiaan saat mereka menuju Jalur Gaza.

Baca Juga: Sandera Israel di Gaza Jadi Target Serangan Tel Aviv

Penyeberangan Erez ditutup sejak Israel melancarkan serangan genosida terhadap warga Palestina di Gaza pada 7 Oktober, menewaskan lebih dari 34.500 pria, wanita dan anak-anak, dan melukai lebih dari 77.000 lainnya, lapor kantor berita Wafa.

Serangan Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur sipil di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara Pengadilan Dunia pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Afrika Selatan, yang mengajukan negara apartheid tersebut ke ICJ, telah memperingatkan bahwa Israel mengabaikan keputusan Mahkamah tersebut. Israel sendiri membantah semua tuduhan.

Baca Juga: Tentara Israel Hancurkan 25 km Jalan di Jenin

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Aktivis Wanita Israel Lempari Ben Gvir dengan Pasir

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Internasional
Dunia Islam
Palestina
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia