Israel Cegah Enam Anggota Parlemen Belgia Masuki Gaza

Foto: Kemlu
Foto: Kemlu

, 26 Jumadil Awal 1437/4 Maret 2016 (MINA) – telah mencegah enam anggota parlemen memasuki Jalur Gaza atas undangan Dewan Legislatif Palestina untuk melihat sendiri situasi kemanusiaan yang mengerikan akibat blokade Israel,  PalSawa.com melaporkan.

 

Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dalam pernyataannya, para anggota parlemen telah mengkritik tindakan “ilegal” Israel melanggar konvensi internasional itu. Demikian MEMO yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Mereka yang terdiri dari berbagai partai politik di Belgia diundang oleh Dewan Legislatif Palestina pada Selasa lalu. Belgia adalah negara anggota Masyarakat Eropa.

Selain itu, pernyataan itu menyoroti fakta bahwa Jalur Gaza wilayah 360 km2, merupakan bagian dari negara Palestina, dan sekitar 1,8 m Palestina di dalamnya hidup di bawah pengepungan yang diberlakukan zionis Israel sejak 2007. 

Para anggota parlemen Belgia menyebutkan krisis kemanusiaan yang mengerikan dan efek dari pengepungan, yang menyentuh semua aspek kehidupan seperti yang ditunjukkan oleh informasi yang diberikan oleh PBB.

Mereka menegaskan tidak akan diam dengan situasi tersebut, dan akan menginformasikan kepihak berwenang di Brussels bahwa situasi di Gaza tidak dapat diterima.

“Israel tidak memiliki hak untuk melaksanakan langkah ini (yaitu mencegah mereka memasuki Gaza), mereka bersikeras. Ini jelas merupakan pelanggaran konvensi internasional”.

Pada tahun 2010 yang lalu, Israel juga mencegah kunjungan Menteri Kerjasama Pembangunan Belgia Charles Michel  ke Gaza.  Wakil Menteri Luar Negeri Israel, Daniel Ayalon mengklaim, “kunjunganmu akan hanya meningkatkan kelompok Hamas dan melegitimasikelompok  itu. (T/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agecy (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.