Israel Cekal Wartawan Palestina ke Luar Negeri

, 10 Sya’ban 1437/17 Mei 2016 (MINA) – Pasukan penjajah mencekal wartawan Khaldun Madzlum, seorang Redaktur Kantor Berita Arab Quds Press Internasional, untuk bisa ke luar negeri melalui gerbang perlintasan Karamah yang memisahkan antara Palestina dan Yordania, guna menghadiri Konferensi Kedua “Forum Internasional Palestina untuk Media dan Komunikasi” di Turki.

Khaldun Madzlum menyebutkan bahwa penjajah Israel menahan pasportnya pada Senin (16/5) kemarin dan meminta agar dia menunggu saat berusaha untuk menyeberang lewat gerbang Karamah, demikian laporan The Palestinian Information Center (PIC) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dikatakan Madzlum bahwa setelah ditahan selama empat jam kemudian diinformasikan bahwa dirinya dilarang pergi tanpa ada alasan pelarangannya dan akhirnya kembali ke tempat tinggalnya di Kota Nablus, utara Tepi Barat.

Kantor Berita Arab Quds Press mengecam tindakan penjajah Israel terhadap terhadap salah satu kru nya dan menilai langkah Israel ini untuk membungkam media, di antaranya adalah dengan mencekal wartawan dari segala aktivitasnya.

Dalam keterangannya, Quds Press meminta lembaga-lembaga HAM dan kemanusiaan untuk memaksa penjajah Israel menghormati perjanjian dan konvensi HAM dan kebebasam kerja wartawan dan jurnalis. (T/P011/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.