ISRAEL COPOT KAMERA PENGINTAI DI AL-AQSHA

Foto : MEMO
Foto : MEMO

Al-Quds, 14 Muharram 1437/27 Oktober 2015 (MINA) – Direktur Jenderal Urusan Al-Aqsha dan Wakaf Palestina Syaikh Azzam al-Khatib mengatakan pada Selasa (27/10), polisi Israel mencopot kamera Wakaf umat Islam di Al-Quds (Yerusalem Timur) yang telah dipasang di salah satu pintu masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsha.

“Tim Wakaf Islam memasang kamera pengintai di Gerbang Mughrabi namun polisi Israel mengintervensi dan membawanya,” kata Al-Khatib dalam keterangan tertulisnya.

“Kami mengutuk intervensi Israel dalam urusan Wakaf Islam ini, dan menganggap ini tanda bahwa Israel ingin menginstal kamera untuk melayani kepentingannya saja, dan tidak ingin kamera itu menunjukkan kebenaran,” tambahnya. Middle East Monitor (MEMO) melaporkan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Baca Juga:  Knesset Israel: Tak Satu pun Brigade Hamas Dihancurkan di Gaza

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan, kesepakatan akhir tentang cara dan lokasi kamera di Al-Quds yang disepakati antara Israel, Yordania dan Amerika Serikat, seharusnya dikoordinasikan di tingkat profesional.

“Kamera akan dipasang sesuai dengan pengaturan yang akan ditentukan antara pihak. Israel telah menyatakan persetujuan untuk memulai proses secepat mungkin,” kata Al-Khatib.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan setelah pertemuan dengan Presiden Palestina dan Raja Abdullah II di Amman, Yordania, kamera pengintai dipasang untuk beroperasi sepanjang hari di Masjid Al-Aqsha dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu setuju untuk itu.

Langkah pemasangan kamera dilatari semakin meningkatnya bentrokan di wilayah Palestina dan kota-kota Arab di Israel antara pemuda Palestina dan pasukan Israel, setelah pemukim ekstremis Yahudi berulang kali menyerbu Masjid Al-Aqsha di bawah perlindungan tentara Israel dan polisi. (T/P002/P001)

Baca Juga:  Al-Qassam Hancurkan 100 Kendaraan Tentara Israel dalam 10 Hari

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Comments: 0