Israel dan Bahrain Tandatangani Tujuh Nota Kesepahaman

Israel-Bahrain pada Ahad (18/10) menandatangani tujuh nota kesepahaman. (Foto : Kementrian Luar Negeri Israel)

Bahrain, MINA – Delegasi Israel yang dipimpin oleh Ketua Dewan Keamanan Nasional Meir Ben Shabbat dan Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif bin Rashid Al Zayani pada Ahad (18/10) menandatangani tujuh Nota Kesepahaman (MOU) antara kedua negara serta Komunike Bersama.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut baik penandatanganan tersebut dan mengatakan kedua negara sedang membuat langkah besar menuju perdamaian.

Menurut laman Kementerian Luar Negeri Israel, daftar kesepakatan yang yang ditandatangani Israel dan Bahrain adalah:

Komunike Bersama (Joint Communique) Pembentukan Hubungan Diplomatik Damai: Komunikasi Bersama tentang Pembentukan Hubungan Diplomatik, Perdamaian dan Persahabatan antara Kerajaan Bahrain dan Negara Israel.

Kemudian Nota Kesepahaman: 1. tentang Kerja Sama Ekonomi dan Perdagangan. 2. tentang Penerbangan Sipil 3. Kerja sama antara Kementerian Keuangan 4. tentang Kerja Sama di Bidang Telekomunikasi, Teknologi Informasi, dan Layanan Pos. 5. Pertanian 6. Kerja Sama antara Kementerian Luar Negeri tentang Kerja Sama Bilateral. 7. Pembebasan Persyaratan Visa untuk untuk Pemegang Paspor Diplomatik, Khusus atau Dinas.

Bahrain menjadi negara Arab keempat yang mengambil langkah normalisasi dengan Israel setelah Mesir pada 1979, Yordania pada 1994 dan UEA pada tahun 2020. (R/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)