Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Israel dan Hamas Isyaratkan Keterbukaan untuk Berunding

Rudi Hendrik Editor : Widi Kusnadi - 16 detik yang lalu

16 detik yang lalu

0 Views

PBB memperingatkan darurat kemanusiaan di Gaza utara. [Foto: Palinfo]

Tel Aviv, MINA – Pihak-pihak yang berperang di Jalur Gaza memberi isyarat keterbukaan untuk berunding mengupayakan gencatan senjata, setelah setahun lebih genosida yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina.

Dilansir dari Arab News, Israel mengatakan pada Kamis (24/10) bahwa kepala mata-matanya akan menghadiri perundingan gencatan senjata Gaza dan Hamas juga berjanji untuk menghentikan pertempuran jika gencatan senjata tercapai.

Upaya sebelumnya untuk menghentikan perang telah gagal, meskipun Amerika Serikat telah menyuarakan harapan bahwa pembunuhan pemimpin Hamas Yahya Sinwar pekan lalu dapat menjadi pembuka untuk sebuah kesepakatan.

Seorang pejabat senior Hamas mengatakan, sekelompok delegasi dari pimpinan yang bermarkas di Doha membahas “ide dan proposal” yang terkait dengan gencatan senjata Gaza dengan pejabat Mesir di Kairo pada Kamis.

Baca Juga: Kabar dari Gaza, Kami Minum Air Sumur Tanpa Penyaringan

Hamas telah menyatakan kesiapan untuk menghentikan pertempuran, tetapi Israel harus berkomitmen untuk gencatan senjata, menarik diri dari Jalur Gaza, mengizinkan kembalinya orang-orang yang mengungsi, menyetujui kesepakatan pertukaran tahanan yang serius dan mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza,” kata pejabat yang berbicara dalam status anonim itu.

Perundingan di Kairo merupakan bagian dari upaya Mesir yang sedang berlangsung untuk melanjutkan perundingan gencatan senjata, tambahnya.

Perdana Menteri Penjajah Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, dia menyambut baik kesiapan Mesir untuk mencapai kesepakatan “untuk pembebasan para sandera” yang masih ditawan oleh militan di Gaza.

Setelah pertemuan di Kairo, Netanyahu memerintahkan kepala badan mata-mata Israel, Mossad, untuk berangkat ke Qatar pada Ahad (27/10) untuk “memajukan serangkaian inisiatif yang ada dalam agenda,” kata kantor Perdana Menteri.

Baca Juga: Al-Jazeera Tegaskan Wartawannya di Gaza Bukan Anggota Hamas

Sebelumnya pada Kamis, Amerika Serikat dan Qatar mengatakan bahwa pembicaraan gencatan senjata Gaza akan dilanjutkan di ibu kota Qatar. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Hezbollah Lebanon Klaim Tewaskan 70 Lebih Tentara Israel

Rekomendasi untuk Anda