ISRAEL EVAKUASI RATUSAN WARGA PALESTINA UNTUK LATIHAN MILITER

194105

194105Tubas, 25 Dzulhijjah 1433/10 Nopember 2012 (Ma’an/MINA)—Ratusan dievakuasi dari utara Lembah Yordan untuk membuat jalan latihan militer ,kata pejabat setempat. Penduduk desa menerima pesan dari tentara Israel untuk meninggalkan rumah mereka selama latihan, yang dimulai pada hari Minggu.

Kepala Desa Aqaba dan Yarza, Mukhlas Masaid mengatakan bahwa desa Ein al-Hilweh, Yarza, Ras al-Ahmar, al-Malih dan al-Meiteh menerima perintah, menggusur populasi 1.000. Kepala desa Al-Malih dan al-Madareb Aref Daraghmeh mengatakan 57 keluarga di al-Hamamat, al-Burj dan Humsa menerima perintah.

Lebih jauh ke selatan, 40 keluarga di Desa Khirbet Tana, Lembah Yordan, juga menerima pesan minggu ini untuk dievakuasi, saat tentara melakukan pelatihan.
Daraghmeh mengatakan beberapa keluarga diizinkan untuk kembali setelah latihan dua hari, sementara yang lain diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka secara permanen.

Dia mengatakan beberapa departemen Israel bekerja sama untuk menekan Palestina agar meninggalkan Lembah Yordan dalam rangka membangun permukiman Yahudi dan pangkalan militer. Abu Mohammad penduduk Al-Malih mengatakan kepada kantor berita Ma’an, meskipun tinggal di desa selama beberapa dekade, dia akan meninggalkanya karena takut akan keselamatannya. Rumahnya telah terkena artileri Israel sebelumnya, katanya.

Peneliti Yerusalem Juliet Bannoura mengatakan evakuasi terbaru adalah bagian dari kampanye sejak tahun 1967 untuk menghapus Palestina dari Lembah Yordan, sebagai bagian yang ditetapkan sebagai zona militer tertutup. “Ini adalah trik untuk melaksanakan evakuasi diam-diam dan akhir,” kata Bannoura.

“Sekarang Israel sedang menyelesaikan pembangunan tembok pemisah di barat, mereka ingin bekerja di sisi timur juga,” katanya. Lebih dari 3.500 personel militer AS tiba di Israel pada akhir Oktober untuk melakukan latihan gabungan yang diklaim sebagai “latihan terbesar pertahanan rudal balistik antar bangsa kita” oleh juru bicara Pentagon Jack Miller. (J-002)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0