Israel Galang Dukungan Salahkan Iran

File foto 2 Januari 2016 ini menunjukkan kapal tanker minyak berbendera Liberia Mercer Street di Cape Town, Afrika Selatan. (Johan Victor melalui AP)

Yerusalem, MINA – Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid berbicara dengan timpalannya dari Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken pada Sabtu (31/7), membahas serangan pesawat tak berawak terhadap kapal tanker yang dioperasikan Israel, Kamis (29/7) lalu.

Keduanya berbicara tentang “kegiatan bersama melawan terorisme Iran dan perumusan tanggapan internasional yang substantif dan efektif,” tweet Lapid, The Times of Israel melaporkan.

Percakapan itu dilakukan sesudah Channel 12 melaporkan, Israel telah memberi data intelijen pada Amerika Serikat dan Inggris, yang menunjukkan bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal tanker minyak MT Mercer Street,  yang menewaskan seorang warga negara Inggris dan Rumania.

Langkah Israel itu dalam upaya untuk meningkatkan tekanan internasional terhadap Iran.

Israel sedang mengampanyekan kepada masyarakat internasional bahwa Iran tidak hanya merugikan kepentingannya, tetapi telah menjadi ancaman bagi pengiriman global secara luas.

Lapid juga berbicara dengan timpalannya dari Rumania Bogdan Aurescu dan dari Inggris Dominic Raab.

Israel juga mencari penyelidikan internasional atas serangan itu dan agar Dewan Keamanan PBB bersidang tentang masalah ini, kata pejabat yang tidak disebutkan namanya. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)