Israel Gelar Operasi Cari Terowongan Hamas di Gaza

, 23 Rajab 1437/1 Mei 2016 (MINA)  – Tentara sejak satu bulan setengah yang lalu telah melancarkan operasi besar-besaran untuk mencari -terowongan milik kelompok perlawanan Palestina di sepanjang perbatasan Gaza sebelah utara.

Menurut laporan Quds Press, sejak semula tentara Israel telah disiagakan untuk menggelar empat operasi penyusuran di sepanjang perbatasan Gaza dari sebelah selatan hingga bagian utaranya.

Pada pertengahan Maret, tentara Israel menggelar operasi di utara Rafah, selatan Gaza, hingga awal April, kemudian mereka terus melakukan operasi pencarian yang kedua kalinya, demikian laporan Pusat Informasi Palestina (PIP) yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Bersamaan dengan operasi ketiga yang dilakukan di sebelah utara Distrik Bayt Lahiya, utara Gaza hingga mendekati wilayah yang dinamakan Tanah Gol. Sampai akhir pekan kemarin tentara Israel telah melancarkan empat kali operasi di Kamp Magazi, tengah Jalur Gaza.

Jarak operasi pencarian hingga 3 Kilometer persegi, berjarak 50 meter dari garis perbatasan dengan membuat gunungan tanah agar tak terlihat warga Palestina.

Sedikitnya tentara israel menggali empat parit atau lubang yang besar, guna menemukan terowongan yang dibangun gerakan perlawanan Palestina. Sepanjang waktu, alat-alat berat entitas Zionis itu melakukan penggalian untuk menemukan terowongan milik perlawanan.

Bersamaan dengan itu, kandaraan dan personel Israel terdiri dari polisi, tentara, dan intelijen hilir mudik mengawasi proyek pencarian. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.