ISRAEL HANCURKAN 1.000 METER PIPA AIR DI TEPI BARAT

foto: PNN
foto: PNN

Tubas,  8 Rabiul Akhir 1436/30 Januari 2016 (MINA) – Buldoser Israel menghancurkan pipa air   sepanjang 1.000 meter, yang sedang dibangun untuk mengalirkan air dari Desa Atoof Kabupaten Barat Tubas ke  Khirbet Yezra di Lembah Yordan Utara, Wilayah Tepi Barat, Palestina, yang tidak mempunyai sumber air.

Ketua Dewan Daerah Al-Malih, Aarif Daragmeh mengatakan, pipa itu disumbangkan Badan Bantuan Pertanian untuk menyediakan air bagi warga Yezra. Palestine News Network (PNN) melaporkan, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

Seorang profesor dan pakar hukum internasional, Dr. Hanna Issa mengecam keras aksi tentara pendudukan Israel tersebut. “Otoritas Pendudukan Israel menyediakan air bagi warganya yang dimukimkan di sana, tapi menjauhkan warga Palestina dari sumber air mereka sendiri,” katanya.

Menurut laporan, pemukim di Tepi Barat itu mendapat air yang berlimpah, sekitar empat kali lebih banyak dari yang didapat  warga Palestina.

Issa menambahkan, pemukim-pemukim ilegal Yahudi mengkonsumsi sekitar 80 persen air, meskipun faktanya mereka berada di wilayah Palestina, sehingga merupakan pencurian air oleh Israel yang tidak mematuhi hukum Internasional.

Issa juga membeberkan, Israel telah memperketat dan menempatkan warga Palestina jauh dari sumber-sumber air.

Pendudukan Israel juga telah mencegah warga Palestina untuk menggali sumur tanpa izin militer, sementara mereka memberikan hak istimewa bagi para pemukim yahudi.

Issa juga menuntut penarikan mundur Israel dari tanah Palestina sesuai dengan ressolusi PBB 242 pada 1967 dan resolusi 338 pada 1973. (T/P008/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0