Israel Hancurkan Desa Araqib Untuk ke-170 kalinya

Palestina, MINA – Otoritas Pendudukan Israel pada Selasa (31/12) pagi menghancurkan semua struktur dan tenda di desa warga Badui, bernama Desa Bedqin, Palestina di Araqib di gurun Negev untuk ke-170 kalinya berturut-turut.

“Polisi pendudukan Israel menangkap putra dari Kepala Desa Araqib, Syeikh Sayyad Al-Turi, setelah pembongkaran, kemudian membebaskannya setelah disandera berjam-jam,” demikian Palestinian Information Center melaporkan dikutip MINA, Rabu (1/1).

Pembongkaran tempat tinggal ini mengakibatkan lusinan warga Badui, termasuk anak-anak, wanita dan lansia, telah menjadi tunawisma dan akan merasakan beratnya cuaca gurun yang ekstrim kali ini.

Namun biasanya mereka bisa memiliki rumah darurat yang baru lagi.

Penduduk Araqib hidup dalam kondisi yang tidak tenang. Setiap saat selalu diliputi ketakutan karena otoritas Israel akan melakukan penghancuran kembali terhadap desa mereka setiap kali mereka telah selesai membangun kembali rumah mereka.

Araqib adalah salah satu dari beberapa desa Badui di gurun Negev yang tidak begitu dikenali oleh Israel.

Pembongkaran yang terus berulang-ulang di desa Araqib dan desa-desa lain di Negev adalah aksi sistematis Israel yang bertujuan mengusir penduduk asli dari Negev dan memindahkan mereka ke daerah-daerah lain untuk membuka jalan bagi pembangunan dan perluasan permukiman khusus Yahudi. (T/sry/R12/P1).

Mi’raj News Agency (MINA).