Israel Hancurkan Rumah Warga Palestina di Nablus

Buldoser Israel menghancurkan rumah warga Palestina (Foto: File)

Nablus, MINA – Pasukan Israel hari Kamis (1/2) menghancurkan sebuah rumah warga Palestina yang sedang dibangun di desa Beit Dajan, di sebelah timur Nablus di Tepi Barat utara, kata sumber setempat.

Kepala dewan lokal Beit Dajan, Munjid Abu Jeish, mengatakan kepada WAFA yang dikutip MINA, tentara Israel menggerebek desa tersebut dan menggunakan buldozer untuk menghancurkan bagian bangunan yang masih dalam tahap konstruksi.

Dia mengatakan, pihak berwenang militer Israel sebelumnya telah memberi tahu beberapa pemilik rumah di desa itu untuk melakukan pembongkaran rumah mereka segera dengan dalih tanpa memiliki izin.

Tiga rumah lainnya dijadwalkan akan dilakukan pembongkaran pada hari Kamis ini juga, tapi ditunda sampai hari Ahad yang akan datang.

Selama berdekade, Israel menggunakan penghancuran rumah sebagai cara untuk mengendalikan populasi Palestina di wilayah okupasi.

Mereka juga menolak dan menunda-nunda pengajuan izin mendirikan bangunan warga Palestina.

Israel hanya menerima kurang dari dua persen dari total permintaan izin bangunan. Rumah dan toko-toko hampir tidak pernah lolos.

Ini membuat mereka tinggal di tempat yang disebut ilegal oleh otoritas Israel. Hanya tinggal menunggu waktu, alat berat datang meratakannya dengan tanah. (T/B05/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)