Israel Kembali Hancurkan Desa Badui Palestina

Warga Desa al-Araqib di gurun duduk di dekat puing-puing tempat tinggalnya yang dihancurkan (Foto: File)

Naqab, MINA – Otoritas Israel pada hari Rabu (25/10) kembali menghancurkan Desa Badui al-Araqib di gurun Naqab di untuk yang ke 120 kalinya.

Petugas dari Otoritas Tanah Israel yang dikawal oleh polisi Israel dan alat berat berupa buldozer masuk ke desa tersebut dan menghancurkan tempat penampungan logam yang dibangun warga setiap kali desa mereka dibongkar.

Pembongkaran pertama al-Araqib berlangsung pada akhir Juni 2010 lalu. Al-Araqib adalah satu dari 35 desa Badui yang dianggap tidak dikenal oleh pemerintah Israel.

Menurut Asosiasi Hak Sipil di Israel (ACRI) seperti dilaporkan WAFA yang dikutip MINA, lebih dari separuh sekitar 160.000 orang Badui Naqab tinggal di desa-desa yang tidak dikenal, dimana negara menolak menyediakan struktur perencanaan dan tempat di bawah yurisdiksi kota.

ACRI mengatakan, pemerintah Israel menggunakan berbagai cara untuk menekan Badui agar pindah ke pusat perkotaan yang direncanakan pemerintah tanpa memperdulikan gaya hidup dan kebutuhan mereka.

“Seluruh masyarakat telah mengeluarkan perintah pembongkaran; yang lain dipaksa untuk terus tinggal di desa-desa yang tidak dikenal yang menolak layanan dan infrastruktur dasar, seperti listrik dan air bersih,” kata pusat tersebut. (T/B05/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.