Israel Kurangi Hak Kunjungan Keluarga Tahanan Palestina

Tel Aviv, MINA – Menteri Keamanan Nasional Israel yang berhaluan sayap kanan, , telah mengarahkan Layanan untuk mengurangi kunjungan keluarga bagi di penjara-penjara Israel, dari sebulan sekali menjadi dua bulan sekali.

Ben-Gvir hari Jumat (1/9) menyatakan, “Layanan Penjara harus secara ketat mematuhi persyaratan hukum kunjungan keluarga bagi tahanan keamanan setiap dua bulan. Segera setelah saya menyadari situasi ini, saya segera menginstruksikan untuk mematuhi hukum.” MEMO melaporkan.

Menurut Haaretz, keputusan tersebut diumumkan meskipun terdapat keberatan dari dinas keamanan Shin Bet dan Dinas Penjara Israel, yang keduanya memperingatkan bahwa hal tersebut dapat membahayakan situasi keamanan.

Sebagai tanggapan, Kepala Otoritas Tahanan Palestina memberi tahu Haaretz, mereka tidak akan membiarkan tindakan ini berlalu tanpa perlawanan. Mereka mengantisipasi terjadinya mogok makan dalam dua pekan, jika tindakan ini tetap berlaku.

Selain itu, Ketua Masyarakat Tahanan Palestina, Qaddura Fares, dalam pernyataannya mengkritik tindakan tersebut sebagai diskriminatif.

Dia mengatakan keputusan Ben-Gvir adalah bagian dari “pendekatan rasis dan pembalasan yang bertujuan merugikan para tahanan dan keluarga mereka. Keputusan ini melanggar hak-hak dasar para tahanan Palestina, dan jelas melanggar hukum Israel dan standar hukum internasional.”

Fares menekankan, keputusan Ben-Gvir dibuat untuk menimbulkan kesulitan bagi para tahanan dan keluarga mereka serta menguji tekad rakyat Palestina. Dia menyoroti bahwa komunitas Palestina akan dengan gigih mendukung para tahanan dalam perjuangan mereka demi martabat dan hak-hak mereka.

“Penargetan Israel yang terus berlanjut terhadap para tahanan kami akan menjadi titik fokus konfrontasi berikutnya dengan pendudukan Israel, yang melibatkan semua faksi, kekuatan, dan institusi Palestina yang mendukung perjuangan para tahanan. Sikap bersatu ini pada akhirnya akan mengalahkan pendekatan berbahaya dan fasis ini, yang didorong oleh rasa kegagalan dan frustrasi Ben-Gvir, yang tidak mampu memenuhi janji-janji yang dibuatnya selama kampanye pemilihannya,” tambahnya.

Langkah ini dilakukan setelah Pusat Studi Tahanan Palestina awal bulan ini memperingatkan Ben-Gvir yang terus menargetkan tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel dan rekomendasinya agar mereka semakin dibatasi dan dilecehkan.

Sekitar 1.000 tahanan kini mengancam akan melakukan mogok makan sebagai protes terhadap tindakan terbaru Ben-Gvir terhadap mereka. Banyak di antara mereka yang ditahan secara administratif, tanpa dakwaan atau pengadilan. (T/R7/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.