Israel Latih Pasukannya Cara Menghadapi Serangan Terowongan

Yerusalem, MINA – Tentara pendudukan memberikan pelatihan khusus bagi tentaranya cara menghadapi serangan dari yang sering dilakukan oleh militan gerakan perlawanan di .

Media Israel “Wala” berbahasa Ibrani melaporkan, Kamis (23/8) bahwa saat ini pendudukan Israel sedang membangun pangkalan militer di entitas Israel dengan dilengkapi terowongan yang mirip dengan terowongan Gaza.

Pembangunan terowongan dibuat semirip mungkin dengan terowongan Gaza. Menurut media tersebut, hal itu juga menunjukkan bahwa terowongan Gaza merupakan taktik yang sangat diwaspadai oleh Israel dan Hamas memiliki keunggulan dalam hal serangan terowongan.

Disebutkan pula, militer Israel kemungkinan akan membangun fasilitas pelatihan tersebut di beberapa tempat lainnya untuk melatih pasukannya di Brigade utara dan selatan di Divisi Gaza.

Diungkapkan, seperti dilaporkan Safa yang dikutip MINA, militer Israel akan melakukan pemasangan sensor sensitif di perbatasan Gaza untuk mendeteksi terowongan Hamas. Pemasangan sensor dilakukan bersamaan dengan pembangunan pagar besar di sekitar perbatasan Gaza yang menelan biaya miliaran syekel.

Israel juga membentuk unit tentara dengan peralatan canggih di wilayah selatan yang dikalim sebagai unit cerdas.

Unit tersebut termasuk tim ahli dari Kementerian Angkatan Darat, ahli geologi, perwira intelejen, ahli strategi perang dan penasehat militer dan sektor swasta untuk mendeteksi terowongan yang digunakan untuk penyusupan di perbatasan Gaza.

Selama agresi Israel di Jalur Gaza pada musim panas 2014, Brigade Izzudin al-Qassam, sayap bersenjata gerakan Hamas, menggunakan terowongan ofensif secara intensif untuk melakukan operasi melawan target militer Israel yang berdekatan dengan perbatasan Jalur Gaza. (T/B05/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.