ISRAEL HANCURKAN UNIVERSITAS TERBESAR JALUR GAZA

Salah satu bagian bangunan Universitas Islam Gaza (UIG) menjadi sasaran bom Israel pada Sabtu (2/8). Foto: MINA
Salah satu bagian bangunan (UIG) menjadi sasaran bom pada Sabtu (2/8). Foto: MINA

, 6 Syawwal 1435/2 Agustus 2014 (MINA) –  Kampus Universitas Islam Gaza (UIG) menjadi target serangan udara penjajah Zionis Israel, Sabtu (2/8) dini hari, lebih dari dua pesawat tempur F-16 militer Zionis jatuh tepat di bangunan manajerial kampus dan menyebabkan kerusakan besar.

“Ledakan yang terjadi di kampus sangat besar hingga mengguncangkan pusat Kota Gaza,” kata seorang saksi mata kepada koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Gaza.

Namun, tidak ada korban jiwa dilaporkan dari serangan itu, menyusul kampus dalam kondisi kosong memasuki liburan musim panas di sana.

Sebelumnya, UIG juga menjadi sasaran serangan Zionis Israel pada agresi militer 2008 silam. Saat itu, bangunan laboratorium kampus rata dengan tanah oleh rudal pesawat tempur yang sama buatan Amerika Serikat F-16.

UIG merupakan kampus utama dan terbesar yang ada di Jalur Gaza. Saat ini, tercatat tiga pemuda warga Indonesia sedang mengenyam pendidikan di universitas yang didirikan oleh almarhum Ahmad Yasin tahun 1978 tersebut.

Mayoritas petinggi pemerintahan Palestina khususnya yang di Gaza adalah alumni UIG.

Menurut sumber-sumber Palestina, sejak awal Juli serangan Zionis Israel telah membunuh 1.654 warga Palestina termasuk 315 anak-anak, 166 wanita, 5 orang cacat, dan 70 lansia. Sementara para pasukan penjajah melukai 8910 orang lainnya, termasuk 1.994 anak-anak, 1.174 perempuan, 104 lansia.

Mereka juga menargetkan setidaknya 146 sekolah, 25 rumah sakit dan klinik, 95 masjid, dan menghancurkan lebih dari 2.600 rumah dengan 70 keluarga yang semua anggotanya meninggal dunia.(L/K02/P03/P04)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0