Israel Lepaskan Warga Turki Yang Ditahan

Ankara, 18 Muharram 1438/19 Oktober 2016 (MINA) – Pihak Keamanan melepaskan Orhan Buyruk, Warga Negara Turki yang ditangkap dan ditahan sejak 28 September lalu karena diduga terlibat mata-mata.

Buyruk ditangkap di Bandara Ben Gurion atas dugaan terlibat “spionase” warga asing ke Israel.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pada Rabu (19/10) waktu setempat, dalam tweet-nya, bahwa Buyruk yang ditangkap pada 28 September kini telah dibebaskan dari tahanan polisi Israel.

“Buyruk … yang ditahan beberapa waktu lalu, kini dibebaskan. Kami mengirim keinginan terbaik untuk dia dan keluarganya,” cuitan Menlu Cavusoglu.

Buyruk telah melakukan perjalanan ke Palestina akhir bulan lalu untuk mengunjungi ke Masjid Al-Aqsha di Kota Al-Quds, sebagai bagian dari tur ziarah.

Baca Juga:  Haneyya: Hamas Sepakat Lanjutkan Perundingan Genjatan Senjata

Dia ditahan setibanya di Bandara Ben Gurion, dan dilaporkan atas dugaan bahwa ia adalah mata-mata asing.

“Itu sangat sulit. Sebagian besar waktu dalam tahanan Israel, saya tinggal sendirian di sebuah sel ukuran dua meter persegi,” kata Buyruk kepada Anadolu Agency setibanya di Bandara Sabiha Gokcen, Istanbul, pada Rabu (19/10) kemarin.

Menurut Buyruk, otoritas Israel menahannya tanpa memberikan bukti tuduhan mereka.

“Saya diinterogasi oleh mereka untuk keterlibatan saya yang dituduh dalam sebagai mata-mata internasional tanpa bukti apapun,” katanya.

Buyruk berencana untuk segera mengadakan konferensi pers dan akan mengungkapkan rincian apa saja yang ia terima selama 20 hari dalam tahanan Israel. (T/P4/R05)

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.