Israel Makin Merasa Terancam, AS Bantu Persenjataan Hadapi Serangan Udara

Yerusalem, MINA –  Kongres AS telah menyetujui rancangan undang-undang paket bantuan militer untuk Israel bernilai 500 juta dolar AS, untuk sistem pertahanan udara “Iron Dome”, “David’s Sling” dan “Hates”.

Menurut media Amerika,  yang dikutip MINA, Ahad (2/8), Kongres  menyetujui bantuan itu yang merupakan merupakan paket bantuan terbesar dari Amerika Serikat ke negara lain di dunia, untuk menghadapi krisis dan ancaman yang sedang dihadapi negara zionis itu.

Bantuan ini adalah sesuai dengan Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional AS, yang harus disahkan oleh mayoritas anggota Kongres dari Partai Demokrat dan Republik.

Sementara beberapa anggota parlemen menentangnya, menuntut agar uang ini digunakan untuk menekan Israel agar tidak melanjutkan rencana aneksasi di Tepi Barat dan Lembah Yordan.

Komite Hubungan Masyarakat Amerika Israel – AIPAC, memuji Kongres AS. “Bantuan militer kepada Israel akan membantu Israel melindungi diri dari ancaman keamanan yang berkelanjutan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Kongres juga setuju untuk memberikan satu juta dolar kepada Kantor Pengamat Anti-Semitisme Departemen Luar Negeri AS, atas permintaan Demokrat Yahudi yang berusaha menggandakan dana yang dialokasikan untuk kantor ini.

Dalam konteks terkait, Kongres juga setuju  menyediakan 250 juta dolar untuk mendanai “program dialog Israel-Palestina” dan mengembangkan jaringan “Bisnis Palestina” sesuai dengan bahasa hukum.

Proyek ini mencakup pencairan 50 juta dolar per tahun selama periode lima tahun, karena parlemen melihatnya sebagai kesempatan untuk mempromosikan dialog antara Palestina dan Israel. (T/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)