Israel Menentang Penjualan Jet Tempur F-35 AS ke Qatar

Tel Aviv, MINA – Israel akan menentang rencana penjualan pesawat tempur F-35 buatan Amerika Serikat ke Qatar, demikian Menteri Intelijen Israel pada Ahad (11/10).

Saat wawancara dengan Radio Tentara Israel, Menteri Intelijen Eli Cohen ketika ditanya komentarnya tentang laporan bahwa Qatar telah mengajukan permintaan resmi ke Washington untuk membeli jet tempur F-35 siluman, demikian Middle East Monitor (MEMO) melaporkan, Senin (12/10).

“Jawabannya adalah ya (menentang hal tersebut). Superioritas keamanan dan militer kami di kawasan adalah hal yang paling penting bagi kami. Wilayah kami masih belum berubah menjadi Swiss,” ujar Cohen.

Permintaan Qatar untuk memiliki pesawat F-35 adalah mengikuti kesepakatan antara AS dan Uni Emirat Arab, bulan Agustus lalu, di mana Washington setuju untuk mempertimbangkan negara Teluk untuk membeli jet tempur F-35 dalam kesepakatan yang dimediasi AS tersebut. Disebut Abraham Accord untuk menormalkan hubungan diplomatik dengan Israel.

Qatar adalah pula salah satu negara Teluk yang jadi lokasi pangkalan militer Amerika Serikat. (T/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Dapatkan berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Jangan lupa juga ikuti berita terkini dari MINANEWS di Google News, klik di sini.