Israel Operasikan Pesawat F-35 untuk Pertama Kalinya

Pesawat siluman Israel yang diklaim sebagai tercanggih di dunia F-35 (Foto: File: Safa)

Yerusalem, MINA – Militer Israel mengungkapkan telah mengoperasikan pesawat siluman F-35 yang diklaim sebagai tercanggih di dunia untuk penerbangan tempur yang pertama kalinya sejak kedatangannya dari Amerika Serikat, Kamis (15/3).

Media berbahasa Ibrani “Walla” melaporkan, selama penerbangan, senjata yang ada pada pesawat itu diklaim memiliki kemampuan tinggi untuk melakukan manuver dan mampu mendeteksi dari jarak jauh.

Panglima Angkatan Udara Israel Amikam Norkin menginstruksikan untuk menjaga kerahasiaan tentang kemampuan petarung jenis itu dan tidak mengungkapkan kemampuan tempurnya, media Safa melaporkan yang dikutip MINA.

Angkatan Udara Israel memiliki sembilan pesawat tersebut, dan delapan lainnya diperkirakan tiba tahun ini.

Meski kedatangan pesawat pertama sejak dua tahun lalu, Angkatan Udara Israel masih mempelajari kemungkinan kelebihan jenis pesawat ini.

Sumber militer mengatakan baru-baru ini, biaya penerbangan pesawat itu cukup tinggi sehingga masih dipikirkan untuk operasi udara, terutama di Suriah. (T/B05/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.