ISRAEL PALSUKAN VIDEO MESIR, GANTI DENGAN GAZA

Video berdurasi empat menit yang asli diupload ke saluran resmi youtube media lokal Mesir Walad El-Balad pada 14 Juli dengan judul "Kemarahan jalan di Bani Suef selama Serangan Israel Gaza dan Harapan  (warga) untuk Memecahkan Krisis."
Video berdurasi empat menit yang asli diupload ke saluran resmi youtube media lokal Mesir Walad El-Balad pada 14 Juli dengan judul “Kemarahan jalan di Bani Suef selama Serangan Israel Gaza dan Harapan (warga) untuk Memecahkan Krisis.”

Kairo, 18 Syawwal 1435/15 Agustus 2014 (MINA) – Militer Israel  telah memalsukan video rekaman dari area Bani Suef di Mesir di salah satu video resminya, dengan mengatakan video itu bagian cuplikan dari kondisi jalan-jalan di Gaza.

Militer  penjajah Israel mengambil bagian dari  cuplikan kondisi area Bani Suef saat sebuah televisi mengambil gambar reaksi warga Mesir terhadap  serangan Israel ke Gaza, dan mengubahnya menjadi bagian video  seolah diambil dari Gaza  dalam siaran  mengenai kelompok-kelompok perlawanan Palestina Hamas dan Al-Qassam.

Baca Juga:  PBB: 630.000 Warga Palestina Mengungsi dari Rafah Sejak 6 Mei

Video berdurasi empat menit yang asli diunggah ke saluran resmi youtube media lokal Mesir Walad El-Balad pada 14 Juli dengan judul “Kemarahan  di Bani Suef selama Serangan Israel Gaza dan Harapan  (warga) untuk Memecahkan Krisis,” harian Mesir Ahram melaporkan seperti yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dalam video tersebut, warga Mesir  diwawancara mengenai respon mereka terkait serangan keji Israel ke Gaza.

Sedangkan, militer Israel yang memposting video yang sama pada  saluran youtube resmi mereka yang berbahasa Arab pada 10 Agustus dengan judul “Apa Yang Terjadi Di balik Bangunan di Gaza?” menyatakan bahwa faksi-faksi Palestina menyembunyikan rudal dan senjata di gedung-gedung umum seperti rumah sakit dan sekolah.

Baca Juga:  Serangan Udara Israel Jatuh dekat Guest House MER-C di Gaza

Video yang sama diklaim Israel dalam saluran youtube resminya pada 10 Agustus.
Video yang sama diklaim Israel dalam saluran youtube resminya pada 10 Agustus.

Durasi  pada menit ke 2:15-2:21 dari video Israel itu adalah jalan-jalan Bani Suef yang dibuat oleh  media Walad El-Balad  dan kemudian diganti dengan  menyatakan itu adalah jalan-jalan di Gaza.

Video  yang sama juga dipublikasikan juru bicara resmi militer Israel  dalam halaman facebook resmi  berbahasa Arab miliknya Avichay Adraee pada 10 Agustus.

Pemalsuan lainnya

Sebelumnya, militer penjajah zionis ‘Israel’ menghancurleburkan rumah sakit rehabilitasi Al-Wafa di Timur Kota Gaza, di wilayah Asy-Syujaiyyah.

Koran Haaretz milik ‘Israel’ melaporkan bahwa tentara penjajah menyatakan bangunan rumah sakit tersebut “digunakan Hamas sebagai pusat komando dan tempat mengirimkan roket”.

Baca Juga:  Hamas: Agresi Zionis telah Membunuh 70 Persen Sandera Israel

Pernyataan ini langsung dibantah oleh Direktur RS Al-Wafa, Dr. Basman Alashi. Menurut Dr. Alashi, juru bicara penjajah merilis foto sebuah gedung dengan keterangan “Rumah Sakit Al-Wafa”. Padahal, gedung di dalam foto tersebut adalah gedung Asosiasi Hak Kehidupan (Right to Life Society).(T/P03/IK)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Comments: 0