Israel Protes Rusia Karena Mengundang Delegasi Jihad Islam

Tel Aviv, MINA – Israel mengajukan protes resmi kepada Rusia pada Kamis (12/3) setelah Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, menyambut kehadiran delegasi dari gerakan Jihad Islam Palestina dari Gaza di Moskow.

Saluran TV Israel 13 mengutip seorang pejabat tinggi di Kementerian Luar Negeri Israel yang mengatakan, Duta Besar sementara Israel untuk Rusia, Eli Belotserkovsky, telah menemui Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov menyampaikan protes Tel Aviv atas kunjungan tokoh gerakan tersebut, MEMO melaporkan.

Diplomat Israel itu dilaporkan menyatakan pada Bogdanov bahwa “Jihad Islam adalah organisasi teroris, yang didukung oleh Iran yang tidak mengakui hak Israel untuk hidup dan secara sistematis mengadakan perlawanan¬† terhadap Israel di Jalur Gaza dengan menyerang warga sipil Israel.”

Dalam sebuah pernyataan, Jihad Islam mengumumkan, delegasi senior yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal gerakan, Ziad Al-Nakhalah, tiba pada Rabu (11/3) di Moskow dan bertemu dengan para pejabat Rusia termasuk Menteri Luar Negeri Lavrov.

Gerakan itu menambahkan, delegasi itu juga termasuk Muhammad Al-Hindi, Abdel Aziz Al-Minnawi dan perwakilan gerakan di Libanon, Ihsan Ataya., Kunjungan itu dilakukan “untuk memenuhi undangan resmi Kementerian Luar Negeri Rusia”.

Sebelumnya pada 2 Maret, delegasi dari gerakan perlawanan Palestina Hamas yang dipimpin oleh kepala biro politiknya, Ismail Haniyeh, juga mengunjungi Moskow dan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Rusia, termasuk Lavrov. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)