Israel Serang Suriah di Dekat Aleppo

Ilustrasi: lintasan roket-roket di langit Suriah. (Foto: dok. Nahar Net)

Damaskus, MINA – Israel melancarkan serangan rudal ke dekat kota utama di utara Suriah, Aleppo, Jumat pagi (11/9), mendorong pertahanan udara untuk merespons, media pemerintah Suriah SANA melaporkan.

“Pada pukul 1:30 pagi (2230 GMT Kamis), musuh Zionis melakukan serangan udara, menargetkan pinggiran Aleppo dengan salvo rudal,” kata SANA.

Kantor berita itu tidak merinci apa targetnya, tetapi mengatakan bahwa pertahanan udara telah “mencegat sebagian besar rudal”, demikian Nahar Net melaporkan.

Israel telah melakukan ratusan serangan udara dan rudal ke Suriah sejak perang saudara meletus pada 2011, menargetkan pasukan pemerintah, Iran dan Hizbullah Lebanon.

Militer Israel jarang mengakui serangan itu, tetapi pada 3 Agustus mengkonfirmasi bahwa mereka telah menggunakan jet tempur, helikopter serang, dan pesawat lain untuk mencapai sasaran militer di Suriah selatan.

Dalam beberapa pekan terakhir, dugaan serangan Israel telah mencapai target di seluruh wilayah yang dikuasai pemerintah di Suriah, dari daerah dekat garis gencatan senjata di Dataran Tinggi Golan hingga kota Albu Kamal di perbatasan Irak di timur jauh.

Setelah sembilan tahun perang saudara, pemerintah Suriah dan sekutunya sekarang menguasai sebagian besar negara, tetapi barat laut tetap di tangan oposisi bersenjata, sementara timur laut dikendalikan oleh pasukan Kurdi. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)